dan Park yang Populer di Korea Selatan Lee Fakta Unik Nama Kim

Di Indonesia, namakeluarga berada di belakangnamapanggilan yang biasanya diberi sesuai namakeluarga dari ayah. Ada juga beberapa orang yang mengikutinamakeluarga dari ibu ataupun membuatnamakeluarga sendiri. Nah, di Korea Utara dan Selatan, nama keluarga ini disebut sebagai marga.

Marga juga biasanya dimiliki oleh orang orang Tiongkok. Ada banyak sekali marga yang terdaftar di pemerintahan Korea Selatan. Namun, tiga marga terbanyak yang digunakan adalah Kim, Lee, dan Park.

Bahkan, tercatat hampir setengah populasi di Korea Selatan menggunakan tiga marga itu. Sebelum dipisah pada 1945 lalu, Korea Selatan dan Korea Utara merupakan satu negara yang sama. Bangsa Korea ini sudah melewati banyak hal bersama sama, termasuk juga di saat negara itu masih berbentuk kerajaan atau dinasti.

Nah, sekitar 1.000 tahun yang lalu, bangsa Korea dipimpin oleh orang orang dari Dinasti Goryeo. Raja Wang Geon, raja yang berkuasa saat itu, membuat peraturan kepada para bangsawan untuk memberikan marga di awal namanya. Tujuannya untuk mengetahui siapa saja yang memiliki garis keturunan dengan raja dan mana yang tidak.

Lalu, bagaimana dengan orang orang yang bukan keturunan raja? Apakah mereka tidak boleh memiliki marga? Saat itu, orang orang yang bukan bangsawan tapi ingin memiliki marga harus mengikuti ujian pegawai negeri sipil. Kalau lolos ujian, mereka bisa memiliki nama keluarga dan dicatat dalam pemerintahan.

Nah, pada era Dinasti Goryeo ini, marga Kim, Lee, dan Park menjadi penanda bahwa orang itu termasuk keluarga kerajaan. Saat era Dinasti Joseon, tepatnya pada abad ke 19, sistem kasta dihapuskan. Dengan begitu, seluruh warga Korea yang bisa memiliki marga meski tidak mengikuti ujian.

Peraturan baru itu membuat semua orang Korea ingin memiliki marga sendiri. Bahkan “marga keluarga kerajaan”, yaitu Kim, Lee, dan Park, menjadi pilihan favorit supaya dianggap sebagai keturunan raja. Nah, itulah sebabnya, marga Kim, Lee, dan Park menjadi marga yang paling banyak ditemukan pada nama nama orang Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *